Tuesday, July 21, 2015

5 Tempat Wisata Tersembunyi di Bali


Hahehozonk- Hai kawan hari ini saya akan coba memberi sekedar informasi bagi kalian yang ingin  menghabiskan liburan weekend ini dengan jalan jalan ,tepatnya kalian yang sedang berlibur di Bali.Selain pantai Kuta,GWK masih banyak kok dinasti wisata di Bali yang belum banyak orang ketahui.So kita lihat sama sama nyouk.


1.Air Terjun Lemukih 
Air Terjun Lemukih sangat unik karena terdiri dari tiga buah air terjun.  Air terjun yang terletak paling kanan adalah yang paling tinggi, dengan ketinggian sekitar 4 meter. Air terjun yang paling
tinggi ini, ditemani dua air terjun kecil di samping kirinya.  Di bawah air terjun yang paling tinggi, terdapat sebuah kolam yang cukup luas sehingga bisa digunakan untuk berenang.Air Terjun Lemukih masih benar-benar alami dan keberadaannya belum banyak diketahui wisatawan. Terletak di Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali.Peta dan Koordinat GPS: 8° 10' 51.69" S  115° 11' 24.53" E  Berjarak sekitar 72 km dari Denpasar.  Dari kota Denpasar arahkan kenaraan menuju Bedegul atau Singaraja.  Setelah melewati Kawasan Wisata Bedugul, teruskan perjalanan menuju arah Gitgit/Singaraja sampai di sebuah pertigaan (sekitar 10 km dari Bedugul).  Dari pertigaan, beloklah ke kiri dan ikuti jalan tersebut sampai sejauh 12 km. Kondisi jalan menuju air terjun ini berkelok-kelok naik turun dengan pemandangan bukit dan jurang di kanan kiri jalan. Aspal jalan sudah banyak yang terkelupas. Bahkan, di beberapa tempat aspal sudah hilang sama sekali sehingga jalan berubah menjadi jalan tanah berbatu. Di sepanjang jalan menuju air terjun ini akan dijumpai banyak pertigaan yang tidak ada rambu-rambunya sehingga harus banyak bertanya ke penduduk setempat agar tidak nyasar. Setelah sampai di desa Lemukih akan dijumpai sebuah tikungan dengan jembatan kecil di depannya dan ada tulisan Desa lemukih, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh 200 m.  Letak air terjun ini tidak jauh dari jalan Desa Lemukih.  Selanjutnya untuk menuju dasar air terjun ini cukup mudah dan tidak perlu bersusah payah naik turun tangga untuk menuju air terjun ini. Ketiadaan rambu-rambu ataupun penunjuk arah menuju air terjun ini cukup merepotkan sehingga harus bertanya kepada penduduk setempat untuk menemukan air terjun ini.

2.Pantai dan Bukit Atah Nusa Penida
Pernahkah anda berkunjung ke Nusa Penida, keindahan pesisirnya membuat wisatawan akan terpesona, salah satunya adalah pantai Atuh. Terletak tersembunyi, meyuguhkan alam pantai berpasir putih, yang masih perawan dengan lingkungan sekelilingnya asri. Sebuah tempat yang tepat jika anda menginginkan privasi maksimal, menyendiri atau menyepi dalam ketenangan suasana serta suguhan panorama yang indah. Objek wisata di Bali ini, masih dalam wilayah Kabupaten Klugkung.
Bosan dengan keramaian pantai seperti Kuta maupun Tanjung Benoa, maka Pantai Atuh akan menjadi solusi yang terbaik, jauh dari kebisingan apalai polusi alam. Namun untuk menuju lokasi anda bisa menggunakan jasa kapal cepat/ fast boat yang berangkat setiap hari dari pantai sanur maupun dermaga Padangbai. Sesampai di dermaga Nusa Penida anda bisa sewa mobil berikut supir atau bisa sewa sepeda motor menjelajahi pulau kecil ini, jaraknya sekitar 15 km menuju arah timur.
Untuk bisa menyentuh segarnya air laut pantai Atuh, anda harus berjalan kaki melewati jalan setapak, seperti wisata trekking, dari atas bukit terlihat pantai menghampar, birunya air laut terlihat jelas, terlihat batu besar disekitarnya seperti membentuk sebuah pulau, melanjutkan perjalanan turun dari perbukitan, melewati kebun-kebun warga, berjalan diantara pohon-pohon kelapa, akan memberikan pengalaman unik di sepanjang perjalanan.
Sesampai di bibir pantainya yang membentang sekitar 500 meter, hati dibuat terkagum karena pesona serta balutan suasana yang sepi, bebatuan dan tebin-tebing seperti benteng yang melindungi pantai Atuh ini, sebuah surga kecil di pulau Dewata, begitu indah anugrah-Nya. Rasa lelah setelah menuruni tebing dan melintasi tegalan akan terbayar sempurna setelah menginjakkan kaki anda di pesisirnya. Di Sebelah kiri pantai terlihat dataran Tanjung Juntil dan disebelah kanannya Labuhan Ampak, serta berdekatan dengan Gili Batu Padasan, Batu Melawang, Batu Metegen dan Gili Batu Abah.
Pantainya bersih, karena objek wisata ini memang sepertinya jarang dikunjungi, beberapa aktifitas bisa anda lakukan di sini, bisa sebagai tempat relaksasi mencari ketenangan, jalan-jalan santai menyusuri pantai, setiap sudutnya terdapat keindahan sehingga bisa sebagai objek photo-photo untuk kenangan, dan anda bisa juga berenang tapi butuh kehati-hatian karena berhadapan langsung dengan laut lepas, yang arusnya tidak bisa diprediksi.
Begitu banyak keindahan yang disuguhkan pantai di Bali, terutama lagi di Nusa Penida, tidak hanya pantai Atuh, tempat lainnya seperti pantai di Toya Pakeh sangat populer, setiap harinya dipakai tempat berlabuh dan berwisata kapal pesiar lokal yaitu Quicksilver Cruise. Nah...jika anda butuh jasa angkutan wisata seperti sewa mobil, fast boat, sewa mobil dan rekreasi lainnya anda bisa hubungi Bali Tours Club

3.Pantai Melasti
Kalian pernah ‘melali’ (melancong) ke Pantai Pandawa tidak? Yang sudah pernah pasti akan heran dan takjub melihat pantainya dari pinggir tebing kapur yang sudah ‘dipotong-potong’. Alamnya masih alami dengan air laut masih membiru. Nah, tidak jauh dari lokasi itu ada pantai yang tidak kalah indahnya yaitu Pantai Melasti. Pantai ini masih tergolong baru dan modelnya mirip Pantai Pandawa yaitu berada dibalik tebing kapur yang berkelok dan sudah dipotong-potong.Pantai Melasti adalah pantai terletak di sebelah selatan Pulau Bali tepatnya di Desa Ungasan, dan bersebelahan dengan Pantai Bali Cliff. Lokasinya dapat ditempuh dari Jimbaran kurang lebih 15 menit. Karena terletak di Ungasan, maka kami sebut saja Pantai Melasti Ungasan ya.. hehe. Dibawah ini adalah foto penampakan pantainya.Disebut Pantai Melasti karena pantai ini kerap dipakai untuk upacara Melasti oleh warga sekitarnya pada hari tertentu misalnya sebelum hari raya Nyepi. Saat ini akses menuju ke pantai ini sudah ditata dengan baik. Ini terbukti adanya jalan aspal menuju tepi pantai yang melintasi jurang tinggi yang kerap menjadi latar belakang lokasi pengambilan foto, ketinggiannya bisa 100–150 meter. Sama seperti Pantai Pandawa, akses ini membuka peluang bagi kunjungan wisatawan yang tengah berlibur di Bali untuk menikmati panorama pantai dari berbagai sudut pandang. Di sini belum nampak satu pun fasiltas umum yang menandakan sebagai tempat tujuan wisata.Lokasi Pantai Melasti kedepannya akan dikembangkan sebagai pusat olahraga air mirip yang ada di Tanjung Benoa seperti aktifitas jetski, banana boat, dll. Jadi nantinya ini bisa jadi tempat alternatif bagi pencinta watersport Bali.

                         Nah, seperti terlihat gambar diatas, di pantai ini juga akan dibuat anjungan yang menjorok ke tengah laut. Tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat setempat untuk melakukan ritual keagamaan misalnya saat melasti akan memudahkan untuk “nganyud” ke tengah laut. Karena sebelumnya harus menggunakan boat untuk melakukan kegiatan “nganyud” ini.
Ayoo.. ke Pantai Melasti Yuuk.. akses menuju kesana tidak sulit kok. Berjarak sekitar 3 kilometer dari Lapangan Desa Ungasan yang dulunya digunakan sebagai lokasi syuting film Eat Pray Love yang dibintangi oleh Julia Robert. Atau kamu carilah jalan melasti kemudian lurus terus sampai ketemu Bayan Tree Hotel and Resort dan lurus lagi sedikit maka kamu akan melihat pesisir Pantai Melasti dari atas tebing. Kalian cukup mengikuti jalan turunan yang ada untuk sampai kebawah. Jalannya berkelok-kelok untuk sampai ke bawah pantai, hampir mirip dengan Pantai Pandawa.
4.Bukit Teletubis

Bukit Teletubbies, demikian orang menyebutnya. Bukit yang berada disekitar timur Nusa Penida ini bernama Teletubbies berawal secara spontan oleh para wisatawan, akhirnya penduduk sekitar pun terbiasa menyebut Bukit Teletubies. Dinamai Telutubbies oleh para wisatawan mungkin karena bentuknya menyerupai rumah dalam film boneka yang pernah terkenal di televisi yaitu Film Teletubbies.
Bila diperhatikan dengan seksama, perbukitan ini memang menyerupai rumah orang Eskimo layaknya rumahnya Telutubis. Setengah bola yang tengkurap, kira –kira itu gambaran bukit-bukit yang menghiasi perbukitan yang terletak diperbatasan Dusun Julingan Desa Tangglad dengan Dusun Sedehing Desa Sekartaji dusun ini. Jarak bukit Teletubbies Kurang lebih 25 Kilometer dari Pelabuhan Kapal Desa Kutampi menuju timur. Bila dilihat lebih dekat perbukitan ini sama seperti layaknya perbukitan lain yang ada di Nusa Penida yaitu batu kapur yang bertanah tipis.
Tanah yang menyelimuti bukit Teletubis kira-kira sampai setengah meter. Karena adanya tanah ini, rerumputan bisa tumbuh disekitar perbukitan yang memberi nuansa hijau dari kejauhan sehingga bukit ini persis seperti layaknya rumah Teletubbies. Hijaunya bukit Teletubbies lebih terlihat ketika musim hujan, sedangkan pada musim kemarau bukit tampak gersang .Biasanya petani Nusa Penida dulu yang memiliki bukit ini menanami dengan pohon gamal yang baik untuk pakan ternak sapi. Tetapi belakangan tampak bukit ini tidak terurus. Berdasarkan konfirmasi Nusa Penida Post dengan salah satu pemilik Bukit Teletubis ini Sentium (36 th) 20/5/2013 bahwa sekarang diujicobakan ditanami pohon cendana oleh pemerintah dari Dinas Kehutanan.
Bentuk Bukit yang unik, seperti rumahnya Tinky Winky, Dipsy, Laa Laa, dan Po dalam serial acara TV teletubbies menjadi daya tarik wisatawan melihat bukit ini. Gundukan perbukitan Teletubies berjajar satu dengan yang lain, itu, membuat terkesima para pelancong yang lewat disana. Jepretan camera mereka untuk mengabadikan gundukan bukit seperti rumah boneka Telettubies tak henti-hentinya mereka lakukan.Bukit teletubies tadinya tidak terlalu diperhatikan, kini menjadi perhatian para wisatawan yang hendak ke Pantai Suehan. Mulai ramainya wisatawan yang berkunjung di Nusa Penida, baik wisatawan mancanegara maupun domestic menyebabkan mulai meningkat pula wisatawan yang mengetahui keunikan bukit telutubis ini. Bukit Teletubis yang unik bila dikelola menjadi kawasan wisata tentu memberikan dampak meningkatnya ekonomi masyarakat. 

5.Bunut Bolong Jembrana Bali

Kalian pernah ke objek wisata Bunut Bolong? Jika belum, maka cobalah sekali-kali kalau ke Bali menyempatkan diri berkunjung ke Bunut Bolong yang sarat dengan eksotisme dan kekuatan magis. Bunut Bolong banyak dipercaya oleh penduduk sekitar memiliki kekuatan magis dan tempat bersemayamnya roh-roh leluhur.
Sejarah Bunut Bolong pun memiliki ceritanya tersendiri di kalangan penduduk sekitarnya. Alkisah, suatu waktu ketika Desa Manggisari mulai dirintis tepatnya sekitar tahun 1928, mendadak banyak muncul kejadian-kejadian aneh yang tak masuk akal. Penduduk yang tadinya tinggal di sebelah selatan sebuah kuburan keramat dan sebelah utara Bunut Bolong mendadak kena wabah penyakit aneh.Maka, menurut sebuah petunjuk yang berasal dari Pura Pujangga Sakti, untuk menanggulangi supaya tak banyak jatuh korban akibat penyakit tersebut, lokasi pemukiman penduduk harus dipindahkan ke sebelah selatan Bunut Bolong. Aneh bin ajaib, penduduk yang mengikuti perintah tersebut menjadi selamat dan hidupnya kembali tentram sampai kini.

Sekian dulu deh yah,untuk tempat tempat selanjutnya saya akan update lain waktu.Oh ya jangan lupa baca juga : 6 Tempat Berpetualang di Bali
                : Tempat Wisata Yang Lagi Hits di Bali
                : Restoran Unik di Bali 
                : 10 Tempat Nongkrong Asik di Bali  



No comments:

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *